Saturday, February 11, 2017

Manual Mutu Puskesmas Adipala I

Manual Mutu Puskesmas Adipala I

Sesuai dengan Permenkes nomor 75 Tahun 2014 dan nomor 46 Tahun 2015 tentang akreditasi puskesmas, klinik pratama, tempat praktek mandiri dokter dan tempat praktek mandiri dokter gigi, disebutkan bahwa prinsip penyelenggaraan, tugas dan fungsi Puskesmas meliputi : paradigma sehat, pertanggung jawaban wilayah, Kemandirian masyarakat, Pemerataan, pemanfaatan teknologi tepat guna, keterpaduan dan kesinambungan program  dengan tujuan tercapaianya kecamatan  sehat di wilayah kerjanya.


Dalam melaksanakan fungsinya, puskesmas berwenang menyelenggarakan Pelayanan kesehatan dasar secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu, Puskesmas mengutamakan upaya Promotif dan Preventif, berorientasi pada keamanan dan keselamatan baik untuk pasien, petugas dan pengunjung. Menjalankan prinsip koordinasi dan kerjasama lintas program dan lintas sektoral, melakukan pencatatan baik rekam medik dan kegiatan, melaksanakan penapisan rujukan sesuai dengan indikasi medis dan sistem rujukan dan senantiasa meningkatkan kopetensi petugas.Puskesmas juga berfungsi sebagai wahana pendidikan tenaga kesehatan dan tenaga lain baik administrasi maupun fungsional terkait.

Sehingga penerapan Sistem Manajemen Mutu Puskesmas yang tertuang dalam manual mutu puskesmas menjadi rujukan untuk mewujudkan pelayanan puskesmas yang bermutu sesuai dengan harapan. Manual mutu ini menjelaskan garis besar sistem manajemen mutu Puskesmas Adipala I. Semua ketentuan/persyaratan serta kebijakan yang tertuang dalam manual ini merupakan acuan untuk menjalankan kegiatan operasional Puskesmas Adipala I. Penyusunan Manual Mutu ini digunakan sebagai panduan dalam proses pelaksanaan akreditasi di Puskesmas Adipala I. Manual mutu ini juga sebagai basis mutu semua kegiatan dan pelaksanaan program di Puskesmas Adipala I.


Untuk mengetahui secara detail penyusunan Manual Mutu Puskesmas Adipala I lihat pada gambar di bawah ini :

Klik untuk melihat gambar :































2 comments:

  1. As. Wr. Wb. Trimakasih ka pkm dan staf adipala yg telah membuat blog ini tanpa suarat semoga jadi ilmu yg bermanfaat

    ReplyDelete